Aplikasi Penghemat Baterai Android

Smartphone Android dikenal dengan fitur yang cukup lengkap untuk menggantikan beberapa perangkat sekaligus seperti adanya GPS, Koneksi Internet, Bluetoot, 3G, Wifi, MP3, Video, Telpon, Radio dan lain sebagainya yang kesemuanya itu berada pada satu hp Android, tentunya sekian banyak aplikasi yang berjalan dalam satu gadget akan banyak juga menghabiskan daya energi yang tersimpan didalam sebuah baterai, yang mana jika kita tidak bijak dalam menggunakan berbagai aplikasi tersebut akan membuat umur baterai menjadi lebih singkat dari seharusnya.

Pada prinsipnya untuk bisa menghemat baterai android sedapat mungkin menggunakan perangkat dalaman seminimal mungkin, misalnya jika Anda menggunakan koneksi internet menggunakan 3G tentu jauh akan cepat habis baterai dibandingkan jika hanya menggunakan 2G (GPRS/EDGE), begitu juga jika Anda mengaktifkan GPS atau bluetoot akan lebih cepat habis, jadi gunakanlah 3G hanya pada saat browsing atau livestreaming, namun jika hanya untuk chatting cukup gunakan GPRS saja, begitu juga jika hp android Anda tidak digunakan silahkan matikan layarnya dan fitur-fitur yang aktif didalamnya spt wifi, gps dan 3G.

Aplikasi Penghemat BateraiUntuk melakukan itu semua bisa saja kita setting satu per satu setiap tidak digunakan ubah settingan dengan matikan berbagai fitur namun melakukan manual akan membuat waktu kita terkuran hanya untuk mengotak-atik settingan Android saja, sebaiknya gunakan aplikasi Android penghemat baterai yang sekarang banyak bertebaran di google play store baik yang gratisan maupun yang berbayar, Anda tidak harus memilih aplikasi penghemat batrai yang berbayar untuk mendapatkan aplikasi yang paling baik untuk Android Anda, asalkan Anda memilih aplikasi yang tepat tentu banyak tersedia aplikasi yang gratis.

Beberapa aplikasi penghemat baterai Android yang saya rekomendasikan adalah:

  1. DU Battery Saver
  2. Deep Sleep Battery Saver
  3. 2x Battery – Battery Saver
  4. JuiceDefender
  5. Easy Battery Saver
  6. Battery Doctor
  7. Battery Widget Reborn
Dan ada banyak lagi yang tersedia pada google play store yang bisa Anda coba mana yang terbaik dan paling cocok untuk Anda.

Pengalaman saya yang paling cepat menghabiskan baterai adalah koneksi 3G atau HSDPA, jika terus-menerus Android saya terhubung menggunakan 3G maka baterai langsung panas dan dengan sangat cepat menghabiskan baterai, hanya dalam waktu 1 atau 2 jam baterai akan segera habis (lowbet), namun jika koneksi hanya menggunakan 2G atau GPRS maka Baterai saya akan tahan hingga satu harian.

dari sekian banyak aplikasi penghemat baterai android diatas saya lebih tertarik menggunakan 2x Battery- Batteray Saver, karena kita bisa pilih aplikasi yg whitelist atau blacklist untuk menghidupkan atau mematikan koneksi internet secara otomatis saat aplikasi yg terpilih digunakan. begitu juga dengan Do Battery Saver juga memiliki keunggulan tersendiri dimana  terdapat 4 mode yang bisa Anda pilih untuk settingan penghemat batree Android Anda.
2x Battery – Battery Saver

DU Battery Saver

Aplikasi Penghemat Baterai

Jika menggunakan aplikasi penghemat baterai diatas hanya memiliki fungsing menghidupkan atau menonaktifkan koneksi jaringan sehingga disaat koneksi terputus tentunya aplikasi BBM atau chatting yang terus menerus membutuhkan koneksi internet juga terputus sehingga kurang baik juga jika mematikan total koneksi disaat layar ditutup, namun lebih baik koneksi diubah dari 3G ke 2G agar internet tetap terhubung namun baterai Anda juga bisa hemat.

Untuk mensiasati hal tersebut saya sarankan Anda menggunakan aplikasi Switch Network Type 2G / 3G untuk mengubah koneksi 2G/3G Anda tanpa harus membuka settingan setiap saat. Anda juga bisa menggunakan aplikasi 2G-3G OnOff untuk menghemat baterai Android Anda khusus pada koneksi 3G.

Demikianlah Aplikasi Penghemat Baterai Android, semoga bermanfaat.

Aplikasi Penghemat Baterai Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lukman Arifin

0 komentar:

Posting Komentar